Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

DOWNLOAD PROTA PROMES FIKIH MTs K13

Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (Promes) sebagai acuan dalam optimalisasi, efisiensi, dan efektivitas penggunaan waktu belajar
Program Tahunan dan Program Semester Fikih MTs K13
DOWNLOAD PROTA PROMES FIKIH MTs  K13

DOWNLOAD PROTA PROMES 
FIKIH MTs  K13

Sistem Madrasah - Download Prota Promes Fikih MTs K13 -  Pendidikan agama memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadian dan akhlak seseorang. Dalam pendidikan agama Islam program tahunan dan program hukum enam bulan merupakan alat penting untuk menyelenggarakan pendidikan agama yang efektif dan sistematis. Pada artikel kali ini kita akan melihat lebih dekat pengertian dan pentingnya program tahunan dan semester fiqih dalam pendidikan agama Islam dan bagaimana dapat memperkaya pengalaman belajar siswa.

Fiqih bersumber dari wahyu Allah dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Dalam menyimpulkan hukum syariah setiap mujtahid harus mengacu pada nash dalil yang terkandung dalam kedua sumber tersebut. Dengan menggunakan semangat ajaran Islam sebagai pedoman dengan memperhatikan tujuan umum syariat dan juga menghormati kaidah umum dan landasan hukum Islam maka ajaran fiqh merupakan cara dan cara untuk memahami dan menjelaskan anjuran dan aturan Allah. 

Al-Quran sebagian diantaranya masih bersifat umum. Ilmu fiqih banyak memberikan petunjuk kepada manusia mengenai permasalahan kehidupan sehari-hari dan memberikan hukum-hukum mengenai perbuatan masyarakatnya.

Pengajaran fiqih di madrasah merupakan bagian dari pendidikan agama Islam dan merupakan ciri khas madrasah. Dengan mempelajari ilmu fiqih diharapkan peserta didik mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip hukum Islam untuk beribadah kepada Allah dan menunaikan kewajiban sosial. 

Salah satu ciri guru yang profesional adalah guru yang mempunyai kepemimpinan komprehensif. Kalender Akademik PROMES (Program Semester) PROTA (Program Tahunan) Mata Kuliah Analisis SK dan KD Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Majalah Guru KKM.

Pada tahun ajaran baru ini guru harus menyiapkan dokumen atau manajemen guru sebelum pembelajaran karena kegiatan mengajar (KBM) harus direncanakan. Oleh karena itu salah satu tugas administratif guru adalah menyusun rencana yang meliputi Prota (Program Tahunan) dan Promes (Program Semester).

Program Tahunan dan Program Semester Fiqh merupakan sarana penting pendidikan agama Islam. Hal ini memberikan struktur yang jelas memungkinkan terjadinya pembelajaran berkelanjutan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam pemahaman terhadap ajaran agama. Dengan mengintegrasikan ajaran agama dengan konteks kontemporer program ini mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang lebih baik dan menjalani kehidupan yang lebih baik sesuai prinsip Islam. Oleh karena itu program ini memberikan kontribusi penting terhadap pembentukan karakter dan moralitas individu dalam masyarakat Islam.

Program tahunan (PROTA) terdiri dari rencana manajemen guru yang mengalokasikan waktu sepanjang tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (KI dan KD) yang dibuat oleh guru pada awal semester pertama. 

Peraturan pendidikan agama Islam dan kurikulum bahasa Arab sejak KMA 183 berubah setiap tahunnya sehingga guru masih memiliki arsip prota tahun sebelumnya namun perlu dilakukan penelusuran atau evaluasi setiap tahunnya. Program Semester (PROMES) merupakan program intra semester yang merupakan program satu tahun yang mencakup evaluasi kinerja pengumpulan selama semester tersebut. Kegiatan belajar mengajar (KBM) diselenggarakan secara efisien dalam program berbasis semester karena waktu dan isinya diatur menurut kalender akademik.

Mengenal Program Tahunan dan Program Semester Fikih

Program Fiqh tahunan dan semester merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan agama Islam. Program tahunan menjadwalkan pelatihan selama satu tahun sedangkan program semester membagi pelatihan menjadi dua periode (biasanya satu setengah hingga dua bulan). Fiqh bagian dari ilmu agama Islam mengkaji prinsip-prinsip hukum Islam yang mengatur kehidupan sehari-hari termasuk amalan muamlah dan akhlak.

Keuntungan Program Tahunan dan Program Semester Fikih

1. Struktur Pembelajaran yang Jelas

Pendidikan agama selanjutnya disusun dalam hukum melalui program tahunan dan semester. Guru dapat merencanakan dengan cermat topik dan topik hukum kelompok yang akan mereka ajarkan sepanjang tahun ajaran berdasarkan program semester tertentu. Ini membantu siswa memahami kemajuan mereka dan mempersiapkan materi yang lebih kompleks.

2. Pembelajaran Berkelanjutan

Pendidikan agama selanjutnya disusun dalam hukum melalui program tahunan dan semester. Guru dapat merencanakan dengan cermat topik dan topik hukum kelompok yang akan mereka ajarkan sepanjang tahun ajaran berdasarkan program semester tertentu. Ini membantu siswa memahami kemajuan mereka dan mempersiapkan materi yang lebih kompleks.

3. Pemahaman yang Mendalam

Program tahunan dan semester Fiqih memungkinkan siswa untuk mempelajari konsep-konsep Fiqih secara lebih mendalam. Dengan adanya waktu yang cukup mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan untuk diskusi lebih lanjut dan pemahaman lebih dalam tentang prinsip-prinsip hukum Islam.

4. Integrasi dengan Konteks Modern

Materi program Fiqih tahunan dan semester juga dapat diperbarui menyesuaikan dengan kondisi modern. Hal ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghubungkan ajaran agama dengan tantangan dan situasi yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menyusun Program Tahunan Fikih MTs K13

Saat mempersiapkan PROTA komponen penting ditentukan sebagai isi mata pelajaran dan tahun akademik. Konten tersebut muncul dalam bentuk KD atau subtopik topik dan pembagian waktunya. Ada beberapa cara lain untuk menciptakan yurisprudensi TI.

  • Melaksanakan analisa kaldik yang berlaku di wilayah tempat mengajar.
  • Menanadai hari libur nasional atau hari- hari tidak efisien untuk melaksanakan pembelajaran.
  • Menghitung hari belajar efiektif serta jam belajar efektif tiap bulan ataupun semester dalam satu tahun.
  • Menata alokasi waktu untuk KD dengan mempertimbangkan waktu tes dan analisa materi. 

Cara Menyusun Program Semester Fikih MTs K13

Sedangkan untuk penyusunan Promes Fiqh MTS bagian yang dicakup adalah semester kelas mata pelajaran satuan akademik dan tahun ajaran. Bagian konten mencakup total konten topik subtopik dan alokasi waktu. Metode hukum MT lainnya dalam pembuatan surat promes adalah:
  • Menyertakan kompetensi dasar bersama indikatornya.
  • Memastikan jam pelajaran serta jumlah ltatap muka tiap minggu.
  • Menata kebutuhan waktu sesuai dengan kolom bulan dan minggu.
  • Meningkatkan catatan pada kolom keterangan bila memanglah diperlukan. 

Tugas menjadi seorang guru tidaklah mudah karena seorang guru tidak hanya fokus dalam memimpin dan mengajar saja melainkan seorang guru harus mampu menyediakan perangkat administrasi yang menjadi alat untuk menyusun RPP guru.

Oleh karena itu admin bagikan contoh file Program Tahunan dan Program Semester Fiqih Kelas VII yang mudah- mudahan akan bermanfaat untuk bapak atau ibu guru yang mengajar di kelas VII MTs. Menyiapkan Program Tahunan Fiqih khususnya untuk Kelas 7 tentu menjadi kewajiban utama masing- masing satuan pembelajaran khususnya Guru mata pelajaran.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketercapaian seluruh tujuan Kurikulum 2013 atau mata pelajaran dan yang terpenting menjamin kepatuhan terhadap ketentuan prestasi dan pembelajaran siswa. Kepada para ibu. 

Bapak-bapak guru yang merasa perannya terbebani dalam pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran kali ini saya mencoba membantu para guru dan ibu-ibu mempersiapkan perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk sekolah atau taman kanak-kanak. 

DOWNLOAD PROTA PROMES FIKIH MTs  K13

Admin telah menyediakan PROTA dan PROMES MTs kelas 7 Kurikulum 2013 terbaru yang bisa di sesuaikan dengan sekolah/madrasah bapak/ibu guru. Berikut kami sediakan linknya di bawah ini.

Download Program Tahunan (PROTA) Fikih MTs K13

  • Prota Fiqih MTs K13 Kelas 7 Semester 1 (Ganjil)    Unduh
  • Prota Fiqih MTs K13 Kelas 7 Semester 2 (Genap)    Unduh

Download Program Semester (PROMES) Fikih MTs K13

  • Promes Fiqih MTs K13 Kelas 7 Semester 1 (Ganjil)    Unduh
  • Promes Fiqih MTs K13 Kelas 7 Semester 2 (Genap)    Unduh

Semoga PROTA dan PROMES MTs kelas 7 Kurikulum 2013 diatas bermanfaat dan bisa meringankan tugas administrasi guru sebagai guru profesional. Semoga PROTA dan PROMES MTs kelas 7 Kurikulum 2013 diatas bisa menjadi referensi untuk bapak/ibu guru di sekolah masing-masing.

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar