Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN

lembar penilaian adalah dua alat yang sangat berharga dalam dunia pendidikan, karena bisa membantu guru dalam menilai siswa dengan lebih objektif
DOWNLOAD CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN
CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN

CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN 

Sistem Madrasah - Contoh Rubrik Dan Lembar Penilaian - Mutu dan penilaian pembelajaran merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Untuk mencapai tujuan akademik yang optimal guru memerlukan alat untuk mengukur kemajuan siswa secara objektif. Alat yang sangat berguna dalam proses ini adalah rubrik dan lembar evaluasi. Pada bab ini kita akan membahas secara mendalam apa itu rubrik dan lembar penilaian serta bagaimana pemanfaatannya dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar.

Penilaian lebih dari sekedar menentukan apakah siswa telah mencapai hasil belajar. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Selama ini penilaian pada umumnya dirancang hanya untuk mengukur hasil belajar siswa. Melalui asesmen guru dapat mengetahui permasalahan dan kesulitan yang dihadapi anak seperti beberapa anak menghadapi kendala dalam keterampilan berbahasa lisan sehingga guru dapat merencanakan dan mengembangkan program pengajaran yang tepat untuk merangsang keterampilan tersebut.

Menurut Kemendikbud dalam Jihad (2012:63) tujuan penilaian adalah untuk mengetahui kemajuan peserta didik guna memperbaiki dan meningkatkan aktivitas belajarnya dan sekaligus memberikan umpan balik untuk perbaikan. Implementasi pembelajarannya adalah dengan memberikan kegiatan. Umumnya tujuan evaluasi adalah untuk mengumpulkan informasi dan mengukur keberhasilan pengambil keputusan berdasarkan kriteria lulus atau gagal atau indikator pencapaian.

Kurikulum 2013 mencakup tiga aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan aspek keterampilan dan aspek perilaku. Penilaian pengetahuan merupakan penilaian yang mengukur kemampuan siswa meliputi pengetahuan prosedural kognitif dan keterampilan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Melalui Evaluasi Sikap Penilaian diri adalah suatu metode mengevaluasi diri sendiri (siswa) dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sikap manusiawi Anda. Hasil penilaian diri siswa dapat dijadikan data konfirmatori untuk mengembangkan sikap siswa. Penilaian kompetensi merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu dalam berbagai situasi berdasarkan indikator pencapaian kompetensi. Keterampilan dinilai melalui evaluasi kinerja aktual.

Apa Itu Rubrik?

Rubrik merupakan alat penilaian yang digunakan untuk mengukur kualitas suatu pekerjaan atau hasil. Bentuk evaluasi biasanya mempunyai beberapa kriteria yang menggambarkan tingkat pencapaian yang diharapkan. Rubrik digunakan dalam konteks akademik untuk mengevaluasi proyek tugas presentasi atau pekerjaan siswa lainnya. Rubrik membantu siswa memahami apa yang diharapkan dari mereka dan memberikan panduan yang jelas kepada guru dalam mengevaluasi kinerja mereka.

Manfaat Rubrik

  1. Kepastian dalam Penilaian: Rubrik menyediakan kriteria yang jelas yang harus dipenuhi oleh siswa. Ini membantu guru menghindari penilaian yang bersifat subjektif dan memberikan umpan balik yang lebih objektif.
  2. Perkembangan Keterampilan: Dengan menggunakan rubrik, siswa memiliki gambaran yang jelas tentang area mana yang perlu mereka tingkatkan. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk terus memperbaiki kualitas pekerjaan mereka.
  3. Konsistensi Penilaian: Rubrik memastikan bahwa berbagai guru yang menilai pekerjaan siswa akan memiliki penilaian yang seragam. Ini penting untuk menjaga keadilan dalam proses penilaian.

Apa Itu Lembar Penilaian?

Lembar evaluasi merupakan dokumen yang memuat kriteria penilaian untuk menilai hasil karya siswa. Lembar penilaian seringkali dilengkapi rubrik untuk memudahkan guru menilai evaluasinya terhadap setiap metode yang ada. Lembar penilaian dapat berupa formulir yang diisi guru pada saat proses penilaian dan hasilnya dapat dijadikan dasar siswa dalam memberikan masukan.

Manfaat Lembar Penilaian

  1. Dokumentasi Penilaian: Lembar penilaian menyimpan catatan yang dapat digunakan untuk melacak perkembangan siswa dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting dalam membantu siswa memahami perkembangan mereka.
  2. Umpan Balik yang Jelas: Dalam lembar penilaian, guru dapat memberikan umpan balik spesifik tentang kinerja siswa, menjelaskan aspek yang perlu ditingkatkan, dan memberikan saran untuk perbaikan.
  3. Pembangunan Rencana Pemeliharaan: Lembar penilaian membantu siswa dan guru merencanakan langkah-langkah selanjutnya untuk meningkatkan kualitas kinerja siswa. Ini membantu dalam pengembangan keterampilan dan peningkatan prestasi.

Rubrik dan lembar penilaian merupakan dua alat yang sangat berharga dalam dunia pendidikan. Mereka tidak hanya membantu guru menilai siswa secara lebih objektif tetapi juga memberikan pedoman yang jelas bagi siswa untuk meningkatkan kualitas pekerjaannya. Penggunaan rubrik dan lembar penilaian merupakan langkah bijak dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik serta membantu peserta didik tumbuh dan berkembang secara optimal.

Berikut diatas adalah penjelasan singkat tentang rubrik dan penilaian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh rubrik dan penilaian yang bisa di unduh di bawah ini.

DOWNLOAD CONTOH RUBRIK DAN LEMBAR PENILAIAN

Berikut Contoh Rubrik Dan Lembar Penilaian :

  1. FORMAT PENILAIAN ANTAR TEMAN 2 JAWABAN
  2. JURNAL PERKEMBANAGAN SIKAP SOSIAL OLEH WALI KELAS DAN GURU BK
  3. JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL (OBSERVASI TERBUKA)
  4.  JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL OLEH WALI KELAS
  5. JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL OLEH WALI KELAS DAN GURU
  6. LAMPIRAN PORTOFOLIO KOMPETENSI KETERAMPILAN
  7. LAMPIRAN PORTOFOLIO KOMPETENSI PENGETAHUAN
  8. LEMBAR PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar