Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

RPP SKI KELAS 9 SEMESTER 1 & 2

Dengan mempelajari SKI di harapkan siswa memiliki kemampuan membangun kesadaran tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai dan norma Islam
DOWNLOAD RPP SKI KELAS 9 SEMESTER 1 & 2
RPP SKI KELAS 9 SEMESTER 1 & 2

RPP SKI KELAS 9 SEMESTER 1 & 2

Sistem Madrasah - RPP SKI Kelas 9 Semester 1 & 2 - Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah sejarah pada masa Bani Umayyah Abbasiyah dan Ayyubiyah adalah pelajaran skating. Keterampilan dasar lainnya adalah memahami hipotesis teoritis dan teori dari fakta sejarah yang ada. Pentingnya pembelajaran SKI adalah agar siswa dapat mempelajari pelajaran dasar nilai-nilai dan etika Islam yang dianjurkan Nabi untuk mengembangkan Islam. Dunia . Peradaban Budaya dan Urusan Islam Saat Ini. Hal ini penting dan diharapkan dapat mengembangkan kesadaran dan kemampuan bertindak siswa. Sejarah Islam. Hal ini menunjukkan perubahan yang dibawa Islam dalam kehidupan dan peradaban. Sejarah kebudayaan Islam (Islamic history) merupakan mata pelajaran yang lebih sulit dipahami dibandingkan mata pelajaran lainnya karena berkaitan dengan apa yang terjadi dan apa yang dialami siswa secara langsung. Namun Anda dapat meminimalkan semua masalah ini dengan mengembangkan rencana pembelajaran.

Tentang Materi RPP Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9

Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan kita. Salah satu aspek penting dalam sistem pendidikan adalah disusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (LIP) yang berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam mengajar. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah adalah sejarah kebudayaan Islam khususnya untuk siswa kelas IX. Pada artikel kali ini kita akan membahas RPP Sejarah Kebudayaan Islam untuk kelas 9. Ini mencakup beberapa hal penting yang perlu diingat saat mempersiapkan.

Pentingnya RPP Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9

RPP merupakan alat yang sangat penting dalam pendidikan karena membantu guru dalam merencanakan proses pembelajaran. Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX mempunyai peranan khusus dalam membantu peserta didik memahami sejarah dan kebudayaan Islam yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan masyarakat dan kebudayaan dunia.

Komponen-Komponen RPP Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9

Sebuah RPP Sejarah Kebudayaan Islam kelas 9 harus mencakup beberapa komponen kunci:

  1. Identifikasi Tujuan Pembelajaran : RPP harus mencantumkan tujuan pembelajaran yang jelas, seperti apa yang diharapkan siswa ketahui, pahami, dan kuasai setelah mengikuti pembelajaran tersebut. Tujuan ini harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  2. Deskripsi Materi Pembelajaran : RPP juga harus mencakup deskripsi materi yang akan diajarkan. Ini mencakup topik-topik sejarah dan budaya Islam yang akan dibahas, serta sumber daya yang akan digunakan, seperti buku teks, materi tambahan, dan teknologi pendidikan.
  3. Strategi Pembelajaran : Guru perlu merencanakan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan materi tersebut. Ini dapat mencakup metode pengajaran, pendekatan yang akan digunakan, serta kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam kelas.
  4. Evaluasi Pembelajaran : Bagian penting dari RPP adalah rencana evaluasi. Guru harus merencanakan cara mengukur sejauh mana siswa telah memahami materi yang diajarkan. Ini bisa melibatkan ujian, tugas, proyek, atau metode lain yang relevan.
  5. Penyesuaian Pembelajaran : Guru juga harus merencanakan bagaimana mereka akan menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Ini termasuk cara memberikan dukungan tambahan kepada siswa yang kesulitan atau cara memberikan materi tambahan kepada siswa yang lebih canggih.

Guru dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SKI kelas 9 dengan menggunakan kerangka RPP SKI yang telah dijelaskan di atas. Hal ini memungkinkan siswa untuk lebih memahami konten dan mencapai tujuan pembelajaran mereka. Moderator dibawah ini akan membagikan Silabus SKI Kelas 9 Semester 1.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     : MTsN/S
Mata Pelajaran      : SKI
Kelas/Semester      : IX/Ganjil 
Materi Pokok         : Sejarah Masuknya Islam Di Nusantara Melalui Perdagangan, Sosial dan
Pengajaran
Tahun Pelajaran     
Alokasi Waktu      : 8JP (4Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah dan selama proses pemebelajaran peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan proses masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
  2. Menjelaskan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.
  3. Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

RPP SKI KELAS 9 SEMESTER 1 & 2
C. Materi Pembelajaran

    1. Fakta:

  • Peninggalan-peninggalan proses mesuknya islam di nusantara

    2. Konsep

  • Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.

    3. Prinsip

  • Mengklasifikasi sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
  • Meneladani sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara

    4. Prosedur

  • Memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia
  • Pembiasaan sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara

D. Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan :  Scientific Learning
  2. Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) 

E. Media Pembelajaran

  1. Media LCD projector, 
  2. Laptop, 
  3. Bahan Tayang
  4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
  5. Lembar penilaian
  6. Laboratorium komputer sekolah atau warnet
  7. Perpustakaan sekolah

F. Sumber Belajar

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Modul/bahan ajar,
  4. internet, 
  5. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
RPP SKI KELAS 9 SEMESTER 1 & 2

Untuk RPP SKI MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2 yang Lebih lengkap, bapk/ibu guru bisa mengakses  dan bisa mengunduhnya pada link download dibawah ini dengan cara klik Download - Menu File - Menu Download.

DOWNLOAD RPP SKI MTs KELAS 9 SEMESTER 1 & 2

1. RPP SKI MTs KELAS 9 SEMESTER 1 

2. RPP SKI MTs KELAS 9 SEMESTER 2

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar