Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

Aqidah Akhlak adalah sub mata pelajaran yang membahas ajaran agama islam yang memberikan bimbingan kepada peserta didik agar bersedia mengamalkannya

DOWNLOAD RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013
RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

Sistem Madrasah - RPP Akidah Akhlak Kelas 7 Kurikulum 2013 - Aqidah Akhlak adalah sub mata pelajaran yang ada pada semua jenjang pendidikan dari mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang membahas ajaran agama islam yang memberikan bimbingan kepada peserta didik agar memahami, menghayati, meyakini kebenaran ajaran islam, serta bersedia mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan pendidikan aqidah kepada anak adalah untuk, 

  • memperkokoh keyakinan anak bahwa Allah-lah satu-satunya Tuhan pencipta alam, sehingga dia terhindar dari perbutan syirik, 
  • agar anak mengetahui hakikat keberadaannya sebagai manusia makhluk Allah, dan 
  • mencetak tingkah laku anak menjadi tingkah laku yang baik.

Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengembangkan strategi yang baik dalam pengajaran pelajaran keyakinan moral di sekolah. Karena identitas suatu bangsa bergantung pada perilaku masyarakatnya moralitas dapat menciptakan kohesi sosial yang berkontribusi pada pemajuan identitas nasional melalui simbol-simbol ritual normatif dan jaringan universal. 

Oleh karena itu segala kegiatan/kegiatan harus direncanakan serta program dan strategi untuk mencapai kegiatan proses belajar mengajar (KBM) karena dalam mengajar guru harus mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dapat diharapkan. tujuan pelatihan nasional. Oleh karena itu guru hendaknya membuat rencana pelaksanaan pembelajaran agar guru dapat melaksanakan kegiatan mengajar.

Guru dalam menyusun RPP hendaknya terlebih dahulu mengkaji dan memahami silabus sebagai acuan dalam menyusun RPP. Dalam meninjau silabus guru terlebih dahulu harus melihat kompetensi dasar (KD) yang ditunjukkan oleh aktivitas peserta didik dan penilaian berdasarkan kompetensi inti (KI) kemudian menyesuaikan dan menyesuaikan tujuan penyusunan RPP sesuai mata kuliah. isi. Penampilan siswa dan kemampuan siswa. Tujuan pembelajaran hendaknya mendorong keaktifan belajar siswa dan memungkinkan siswa mencapai tujuan pembelajaran berdasarkan indikator dan kompetensi utama (KD).

RPP juga harus menguraikan jenis-jenis penilaian yang digunakan guru pada saat melaksanakan pembelajaran baik penilaian tes maupun penilaian nontes tertulis atau lisan. Misalnya melalui observasi kinerja penilaian sikap penilaian hasil kerja proyek produk portofolio dan sebagainya. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Etika dan Aqidah Kelas 7 merupakan salah satu langkah penting dalam proses pendidikan. 

Sebagai seorang guru Anda perlu memastikan bahwa RPP yang Anda buat tidak hanya berkualitas tetapi juga mudah dipahami oleh siswa Anda. Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah membuat RPP Aqidah Kelas VII yang Efektif.

Langkah-langkah Membuat RPP Akidah Akhlak Kelas 7 Kurikulum 2013

1. Pahami Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Sebelum Anda mulai merencanakan RPP pastikan Anda telah memahami dengan baik Standar Kompetensi (SK) dan Keterampilan Utama (KD) terkait mata pelajaran etika mengajar di kelas 7. SK dan KD akan menjadi pedoman utama dalam mendesain. Sebuah pelajaran yang relevan dan penting. lantai

2. Tentukan Tujuan Pembelajaran

Setelah Anda memahami SK dan KD tentukan tujuan pembelajaran yang ingin Anda capai. Tujuan tersebut harus spesifik terukur relevan dan dapat dicapai oleh siswa. Contoh tujuan pembelajaran adalah: Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip moral dalam kehidupan sehari-hari.

3. Identifikasi Materi Pelajaran

Pilihlah materi pelajaran yang paling sesuai dengan KD Anda dan tujuan pembelajaran yang telah Anda tetapkan. Pastikan memilih materi yang relevan dan menarik bagi siswa kelas tujuh agar mereka lebih tertarik belajar.

4. Rancang Kegiatan Pembelajaran

Langkah selanjutnya adalah merancang kegiatan pembelajaran yang membantu siswa mencapai tujuan belajarnya. Kami akan mengeksplorasi metode pengajaran yang berbeda tergantung pada topiknya seperti ceramah diskusi tanya jawab dan tugas.

5. Tentukan Penilaian

Memilih metode penilaian yang tepat untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Tes penilaian dapat berupa presentasi tugas proyek atau penilaian berbasis kinerja. Pastikan evaluasi Anda adil dan obyektif.

6. Buat Rencana Kegiatan

Rencana pembelajaran juga harus mencakup rencana kegiatan harian atau mingguan. Putuskan bagaimana materi akan disajikan dan bagaimana siswa akan dinilai. Pastikan rencana tersebut terstruktur dengan baik dan fleksibel.

7. Sertakan Pemahaman Tentang Peserta Didik

Pahami kebutuhan minat dan pemahaman siswa Anda. Kurikulum harus sesuai dengan karakteristik siswa Kelas 7 dan sesuai dengan perkembangannya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas Anda akan dapat membuat RPP Aqidah Akhlaq Kelas 7 yang efektif dan selaras secara akademis. Memantau dan mengevaluasi kemajuan siswa secara teratur untuk meningkatkan rencana pembelajaran. Pada waktunya Anda akan menjadi guru etika kelas 7 yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan memudahkan proses belajar Anda.

Selain menentukan tujuan pembelajaran dan menentukan jenis penilaian untuk penilaian kurikulum. RPP tersebut sebaiknya dilakukan bersamaan dengan penentuan waktu yang diperlukan untuk mencapai KKM. Dalam menentukan pembagian waktu tersebut guru harus memperhitungkan jumlah kompetensi inti (KD) tingkat kesulitan materi inti yang efektif dan kemampuan siswa dalam memperoleh materi yang berbeda-beda sehingga alokasi waktu untuk kompetensi inti yang tersedia dapat berbeda-beda. .

Dalam menyusun RPP guru hendaknya memilih sumber belajar berdasarkan indikator sasaran dan kompetensi inti (KI). Bahan ajar yang paling banyak digunakan adalah buku teks. Namun guru dapat menggunakan sumber pengajaran lain seperti wawancara media elektronik majalah lingkungan belajar dan sumber pengajaran lainnya.

Saat ini kita telah memasuki penghujung satu tahun ajaran dan hendak memulai tahun ajaran baru. Meskipun Anda mungkin masih memiliki arsip alat belajar tahun-tahun sebelumnya namun akan lebih baik jika Anda rutin memperbaruinya dengan alat belajar terbaru. 

Jadi Admin kali ini membekali para guru dengan sarana belajar Akidah Akhlak MTs Edisi Kelas 7. Untuk mengaksesnya guru dapat mendownloadnya melalui link yang admin sediakan dibawah ini.

DOWNLOAD RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 7 KURIKULUM 2013

Demikianlah sedikit informasi tentang RPP dan contoh yang telah disiapkan oleh admin RPP Aqidah Akhlaq Kelas 7 K13. Semoga bermanfaat bagi para guru khususnya yang mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas 7. Diharapkan kedepannya pengelola dapat menyusun rencana pengajaran untuk kelas 8 dan 9 juga. 

Administrasi guru lainnya. Anda dapat menyesuaikannya dengan RPP yang diberikan oleh pengelola di sekolah atau madrasah Anda masing-masing. Kami mohon maaf atas kesalahan atau kelalaian dari pihak administrator. Mudah-mudahan keadaan akan membaik di masa depan. Terima kasih atas komentar dan saran bapak ibu sekalian. Semoga menjadi doa agar admin bisa mengoreksi diri. Amin

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar