Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 9 MTs KURIKULUM 2013 SEMESTER 1 & 2

Di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 9 memiliki peran yang krusial dalam membentuk karakter siswa

DOWNLOAD RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 9 MTs kURIKULUM 2013 SEMESTER 1 & 2

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 9 MTs kURIKULUM 2013 SEMESTER 1 & 2

Sistem Madrasah - RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Semester 1 & 2 - Aqidah adalah akar atau prinsip agama sedangkan moralitas adalah sikap hidup atau sifat manusia dari suatu sistem kehidupan yang didasarkan pada Akita yang stabil. Dengan kata lain akhlak merupakan ekspresi keimanan (aqidah). Kami mempelajari Aqidah karena Aqidah merupakan cabang ilmu Islam yang mutlak. Karena Ajida lebih penting dari Adabi. Aqidah lebih penting dari ibadah Aqidah lebih penting dari Muamelia. Aqidah merupakan syarat pertama bagi manusia. 

Tujuan pendidikan akhlak adalah membimbing dan menggugah manusia agar memahami amal shaleh berusaha berbuat baik dan menjauhi perbuatan buruk. Etika merupakan solusi untuk mengatasi krisis dan permasalahan masyarakat modern. Moralitas mencerminkan kualitas pribadi. Banyak anak-anak di negeri ini lulus sekolah dengan nilai nyaris sempurna. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang memiliki nilai moral yang baik. Akibatnya mereka tidak berkembang di dunia sepulang sekolah. Beberapa orang malas dalam bekerja. Seseorang mencoba mencuri uang dari perusahaan. 

Beberapa orang menerima hadiah dari mitra bisnis padahal syarat dan ketentuan perusahaan dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak boleh menerima hadiah dari mitra bisnis. Tindakan tersebut jelas merugikan orang lain. Moralitas mengendalikan hubungan. Seperti yang banyak diberitakan di berita online dan televisi banyak generasi muda yang terlibat tawuran bunuh diri penyalahgunaan narkoba pergaulan bebas dan masih banyak lagi perilaku menyimpang lainnya. Jika orang tua memahami betul pentingnya pendidikan moral keadaan ini tidak akan terjadi. 

Bagaimana cara mengendalikan amarah? Bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain? Bagaimana sebaiknya kita menghadapi orang yang berbeda pendapat? Penting bagi kita untuk mengajarkan semua ini kepada anak-anak kita. Mendidik siswa tentang iman dan akhlak bukanlah hal yang mudah. Sebagai guru kita harus bersaing dengan media untuk memberikan dampak yang lebih besar pada siswa kita. Untuk itu sebagai guru kita harus menyusun strategi dan rencana pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berlangsung menarik efektif dan efisien. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan dokumen penting dalam proses pendidikan. Pengajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IX tingkat Madresah Tsanawiyah (MTs) berperan penting dalam membentuk karakter siswa. Pada artikel kali ini kita akan membahas RPP Aqidah Akhlak untuk kelas 9 MTs dengan fokus pada pengembangan pembelajaran.

Pentingnya RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs

  1. Mengarahkan Pembelajaran : RPP adalah panduan bagi guru dalam merancang dan mengarahkan pembelajaran. Dalam mata pelajaran Akidah Akhlak, RPP membantu guru dalam menentukan strategi yang sesuai untuk mengajar prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai agama kepada siswa.
  2. Mengukur Prestasi Siswa : RPP mencakup tujuan pembelajaran, indikator pencapaian, serta penilaian. Hal ini memungkinkan guru untuk mengukur prestasi siswa dengan lebih akurat, serta menentukan sejauh mana mereka telah memahami materi pelajaran.
  3. Mendorong Kreativitas : RPP memungkinkan guru untuk menambahkan elemen-elemen kreatif dalam pembelajaran. Dalam konteks Akidah Akhlak, guru dapat mengembangkan aktivitas dan proyek yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan merenungkan nilai-nilai moral.

Pengembangan Pembelajaran dalam RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs

Agar RPP Akidah Akhlak kelas 9 MTs efektif, beberapa poin penting dalam pengembangan pembelajaran harus diperhatikan:

  1. Tujuan Pembelajaran yang Jelas : Tujuan pembelajaran harus terdefinisi dengan jelas. Guru harus mengidentifikasi apa yang ingin dicapai dalam setiap pertemuan, seperti pemahaman tentang akhlak mulia atau konsep-konsep akidah tertentu.
  2. Metode Pembelajaran Variatif : Menggunakan beragam metode pembelajaran, seperti diskusi, simulasi, studi kasus, atau ceramah, dapat membantu mempertahankan minat siswa. Dalam pembelajaran Akidah Akhlak, metode yang interaktif dan partisipatif seringkali lebih efektif.
  3. Evaluasi dan Penilaian Berkelanjutan : RPP harus mencakup perencanaan evaluasi yang berkelanjutan. Ini bisa berupa ujian, tugas, atau proyek yang mengukur pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Keterlibatan Siswa : Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah kunci. Guru dapat merencanakan kegiatan partisipatif yang memungkinkan siswa berkontribusi, berdiskusi, dan merenungkan nilai-nilai yang dipelajari.

RPP Aqidah Akhlaq Kelas 9 MTs Didedikasikan untuk meningkatkan pembelajaran dan berbagi informasi yang bermanfaat dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip moral. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Aqidah Akhlaq Tingkat 9 MTs K13 Semester 1 dan 2.

Berikut admin bagikan RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs K13 Semester 1 & 2 di bawah ini .

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Mata Pelajaran     : Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan   : MTs N/S
Kelas / Semester     : IX/Ganjil
Tahun Pelajaran     : 2016/2017
Materi Pokok   : Iman kepada hari akhir dan alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Alokasi Waktu     : 8JP (4Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah dan selama proses pemebelajaran peserta didik diharapkan mampu:

  1. Meyakini akan adanya hari akhir.
  2. Meyakini macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan, yaumul jazaa) 
  3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
  4. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumul hisaab, yaumul miizaan, yaumul jazaa)
  5. Memahami pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/ buktinya, serta  tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Hari Akhir tersebut
  6. Memahami macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba’s, yaumul hisaab, yaumul miizaan, yaumul jazaa)
  7. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan hari akhir

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 9 MTs KURIKULUM 2013 SEMESTER 1 & 2
C. Materi Pembelajaran

1. Fakta:
  • Yaumul ba’ats
  • Yaumul mahsyar
  • Yaumul hisab
  • Yaumul Mizan
2. Konsep
  • Menjelaskan pengertian hari akhir
  • Menjelaskan dalil aqli dan naqli hari akhir
  • Menjelaskan macam-macam hari akhir
  • Mengidentifikasi fenomena/ tanda-tanda hari akhir
  • Menganalisis contoh perilaku orang yang mngimani hari akhir
  • Menjelaskan pengertian macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir.
3. Prinsip
  • Penanaman nilai-nilai keimanan akan adanya hari akhir
  • Pembimbingan dalam pembiasaan berperilaku positif yang sesuai dengan keimanan terhadap hari akhir
4. Prosedur
  • Membuat kesimpulan tentang tanda-tanda datangnya hari akhir  dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir
  • Membuat karya tulis tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan hari akhir
D. Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan :  Scientific Learning
  2. Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) 
E. Media Pembelajaran
  1. Media LCD projector, 
  2. Laptop, 
  3. Bahan Tayang
  4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
  5. Lembar penilaian
  6. Laboratorium komputer sekolah atau warnet
  7. Perpustakaan sekolah
F. Sumber Belajar
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Modul/bahan ajar,
  4. internet, 
  5. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkahPembelajaran  
RPP AKIDAH AKHLAK KELAS 9 MTs KURIKULUM 2013 SEMESTER 1 & 2

Untuk Lebih lengkapnya RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Semester 1 dan 2 bisa di unduh pada link download dibawah ini dengan cara klik Download - Menu File - Menu Download.

DOWNLOAD RPP AKIDAH AKHLAK  MTs KELAS 9 SEMESTER 1 & 2

1. RPP AKIDAH AKHLAK MTs KELAS 8 SEMESTER 1

2. RPP AKIDAH AKHLAK MTs KELAS 8 SEMESTER 2

  • RPP 1    : DOWNLOAD
  • RPP 2    : DOWNLOAD
  • RPP 3    : DOWNLOAD 
  • RPP 4    : DOWNLOAD                                                             

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar