Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SKI KELAS 7

KKM merupakan patokan ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan. KKM pada akhir satuan pendidikan ialah ambang batasan kompetensi
DOWNLOAD FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SKI KELAS 7
FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SKI KELAS 7

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SKI KELAS 7

Sistem Madrasah - Format Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SKI Kelas 7 MTs -Standar Ketuntasan Minimal (MCC) SKI kelas 7 MT - KKM adalah Standar Ketuntasan Belajar (MCC) yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. KKM adalah batas kemahiran pada akhir suatu satuan akademik (SNP 2008:96). KKM merupakan standar penilaian mutu sekolah dan siswa pada mata pelajaran yang diajarkan.Nilai KKM sendiri ditentukan berdasarkan kriteria sebagai berikut: kompleksitas isi keterampilan yang dibutuhkan siswa rata-rata kemampuan awal siswa (pendaftaran) dan daya dukung sekolah. Direktur kemudian membuat keputusan dengan bantuan dewan fakultas dan fakultas. Seharusnya fakultas sudah mengetahui terlebih dahulu tiga syarat yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan KKM.

KKM adalah Standar Ketuntasan Pembelajaran (KKB) yang ditetapkan oleh satuan akademik. KKM merupakan ambang batas kecakapan pada akhir suatu satuan pendidikan (SNP 2008:96). 

KKM merupakan standar penilaian mutu sekolah dan siswa pada mata pelajaran yang diajarkan guru. Nilai KKM sendiri ditentukan berdasarkan kriteria berikut: kompleksitas isi kemampuan yang dibutuhkan siswa rata-rata kemampuan awal siswa (penerimaan) dan daya dukung sekolah. 

Kepala Sekolah kemudian mengambil keputusan bekerja sama dengan Dewan Guru dan Fakultas. Sebelumnya fakultas perlu mengetahui tiga aspek yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan KKM.

Pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal

Standar Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan standar ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan. KKM ini merupakan singkatan dari Standar Kompetensi Lulusan. 

Dalam memutuskan KKM kementerian harus mengembangkannya bekerja sama dengan pimpinan dan staf sekolah. KKM sangat penting untuk menentukan apakah siswa akan dinyatakan lebih awal pada silabus 2013. 

Sementara KKM tidak lagi digunakan sebagai tolak ukur pencapaian hasil belajar pada kurikulum mandiri. Sebab kurikulum mandiri menekankan pada penggunaan penilaian formatif.

Fungsi serta tujuan dari Kriteria Ketuntasan Minimal

Selanjutnya ini merupakan sebagian tujuan serta guna dari Patokan Ketuntasan Minimun( KKM):

  • Selaku referensi guru dalam memperhitungkan kompetensi peserta didik sesuai Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
  • Selaku referensi peserta didik apakah materi yang dipelajari telah dipahami ataupun belum.
  • Selaku bagian dari komponen dalam melaksanakan evaluasi program pembelajaran sekolah.
  • Kontak pedagogik antara guru serta peserta didik dan dasar pembelajaran serta masyarakat.
  • Selaku target satuan pendidikan dalam menggapai kompetensi tiap mata pelajaran yang diajarkan. 

Prinsip Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal

Ada perbedaan dalam prinsip penetapan KKM untuk K13 dan Kurikulum Merdeka. Di bawah ini adalah beberapa prinsip dalam menetapkan KKM di K13:

  • Penetapan KKM merupakan kegiatan pengambilan keputusan, baik secara kualitatif atau kuantitatif.
  • KKM setiap Kompetensi Dasar adalah rata-rata dari indikator pada KD tersebut.
  • KKM mata pelajaran adalah rata-rata semua KKM KD dalam satu semester dan dicantumkan dalam rapor peserta didik.
  • Indikator adalah acuan pembuatan instrumen penilaian, sehingga tiap indikator memiliki perbedaan nilai KKM.

Sedangkan, pada Kurikulum Merdeka, KKM disebut dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang memiliki prinsip sebagai berikut:

  • Setiap satuan pendidikan dan pendidik menggunakan Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar yang berbeda, sehingga KKTP setiap pendidik berbeda-beda sesuai dengan karakteristik tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan asesmen yang dilaksanakan.
  • KKTP diturunkan dari indikator asesmen suatu tujuan pembelajaran untuk melihat ketercapaian kompetensi dalam sebuah pembelajaran.
  • KKTP memiliki fungsi sebagai refleksi proses pembelajaran dan diagnosis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik supaya mereka bisa memperbaiki cara belajar.

Komponen Kriteria Ketuntasan Minimal

KKM dikembangkan berdasarkan tiga aspek yaitu: karakteristik siswa, karakteristik mata pelajaran dan persyaratan satuan pendidikan. Berikut penjelasannya:

1. Karakteristik peserta didik

Karakteristik peserta didik bisa dilihat dari kualitas peserta didik yang diidentifikasi dari tes awal, nilai ujian sebelumnya, dan nilai rapor sebelumnya.

2. Karakteristik mata pelajaran

Karakteristik mata pelajaran digunakan untuk mengetahui tingkat kesulitan setiap mata pelajaran. Kesulitan mata pelajaran ditentukan oleh penilaian ahli guru mata pelajaran melalui Forum Guru Mata Pelajaran (MGMP) masing-masing sekolah. Jumlah kedalaman KD dan lebar KD. Juga dalam hal ini diperlukan atau tidaknya pengetahuan prasyarat.

3. Kondisi Satuan Pendidikan

Syarat satuan pendidikan ini meliputi kualifikasi guru ukuran kelas tingkat akreditasi sekolah dan kecukupan sarana prasarana sekolah.

Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal

Berikut ini adalah contoh Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SKI Kelas 7 berdasarkan model-model yang disebutkan pada pembahasan sebelumnya. Berikut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SKI Kelas 7 di bawah ini.


FORMAT PENENTUANKRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Satuan Pendidikan : MTs 
Kelas / Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran :

KOMPETENSI INTI : 
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

DOWNLOAD FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SKI KELAS 7

Oleh karena itu, untuk membantu guru dalam menentukan kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran SKI kelas 7 smester 1 & 2, admin akan membagikan format penentuan kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran SKI kelas 7 semester 1 & 2 dengan cara klik link di bawah kemudian ke menu file di google drive dan klik menu download.

DOWNLOAD FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) 
SKI KELAS 7

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SKI KELAS 7 SEMESTER 1

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SKI KELAS 7 SEMESTER 2

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar