Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

KKM FIKIH MTs KELAS 7 SEMESTER 1 & 2

Kriteria Ketuntasan Minimal adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi lulusan
DOWNLOAD KKM FIKIH MTs KELAS 7 SEMESTER 1 & 2
KKM FIKIH MTs KELAS 7 SEMESTER 1 & 2

KKM FIKIH MTs KELAS 7 SEMESTER 1 & 2

Sistem Madrasah - KKM Fikih MTs Kelas 7 Semester 1 & 2 - KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada SKL. Hal ini kemudian biasanya ditentukan oleh kepala sekolah guru perencanaan dan staf akademik. Sebelum membuat KKM guru perlu mengetahui tiga aspek yang harus diperhatikan.

Pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan standar integritas akademik yang ditetapkan oleh satuan akademik. KKM ini merupakan singkatan dari Standar Kompetensi Lulusan. Dalam menentukan KKM satuan pendidikan hendaknya bekerja sama dengan kepala sekolah guru dan staf untuk menentukan KKM dan mempertimbangkan tiga aspek dalam menentukan KKM: karakteristik siswa karakteristik mata pelajaran dan keadaan siswa. 

Pada angkatan 2013 sangat penting untuk memutuskan apakah seorang siswa KKM dinyatakan terakhir di kelas tersebut. Sebaliknya pada mata kuliah mandiri KKM tidak lagi dijadikan patokan pencapaian hasil belajar. Sebab kurikulum tunggal menekankan pada penggunaan penilaian formatif.

Fungsi serta tujuan dari Kriteria Ketuntasan Minimal

Selanjutnya ini merupakan sebagian tujuan serta guna dari Patokan Ketuntasan Minimun( KKM):

  • Selaku referensi guru dalam memperhitungkan kompetensi peserta didik sesuai Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
  • Selaku referensi peserta didik apakah materi yang dipelajari telah dipahami ataupun belum.
  • Selaku bagian dari komponen dalam melaksanakan evaluasi program pembelajaran sekolah.
  • Kontak pedagogik antara guru serta peserta didik dan dasar pembelajaran serta masyarakat.
  • Selaku target satuan pendidikan dalam menggapai kompetensi tiap mata pelajaran yang diajarkan.

Prinsip Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal

Ada perbedaan dalam prinsip penetapan KKM untuk K13 dan Kurikulum Merdeka. Di bawah ini adalah beberapa prinsip dalam menetapkan KKM di K13:

  • Penetapan KKM merupakan kegiatan pengambilan keputusan, baik secara kualitatif atau kuantitatif.
  • KKM setiap Kompetensi Dasar adalah rata-rata dari indikator pada KD tersebut.
  • KKM mata pelajaran adalah rata-rata semua KKM KD dalam satu semester dan dicantumkan dalam rapor peserta didik.
  • Indikator adalah acuan pembuatan instrumen penilaian, sehingga tiap indikator memiliki perbedaan nilai KKM.

Sedangkan, pada Kurikulum Merdeka, KKM disebut dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang memiliki prinsip sebagai berikut:

  • Setiap satuan pendidikan dan pendidik menggunakan Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar yang berbeda, sehingga KKTP setiap pendidik berbeda-beda sesuai dengan karakteristik tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan asesmen yang dilaksanakan.
  • KKTP diturunkan dari indikator asesmen suatu tujuan pembelajaran untuk melihat ketercapaian kompetensi dalam sebuah pembelajaran.
  • KKTP memiliki fungsi sebagai refleksi proses pembelajaran dan diagnosis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik supaya mereka bisa memperbaiki cara belajar.

Komponen Kriteria Ketuntasan Minimal

KKM didasarkan pada tiga aspek yaitu karakteristik peserta didik karakteristik mata pelajaran dan status satuan pendidikan. Uraiannya adalah sebagai berikut.

1. Karakteristik peserta didik

Karakteristik siswa dapat dilihat dari kualitas siswa yang diketahui pada tes awal dari hasil tes sebelumnya dan dari hasil laporan sebelumnya.

2. Karakteristik mata pelajaran

Karakteristik mata pelajaran digunakan untuk mengetahui tingkat kesulitan setiap mata pelajaran. Tingkat kesulitan mata pelajaran ini ditentukan oleh juri ahli guru mata pelajaran melalui forum diskusi guru mata pelajaran (MGMP) masing-masing sekolah.Untuk mengetahui tingkat kesulitan mata pelajaran ini perlu dilihat hasil analisisnya. Jumlah KD Kedalaman KD dan Lebar KD. Juga pengetahuan prasyarat dalam mata pelajaran ini diperlukan atau tidak.

3. Kondisi Satuan Pendidikan

Kriteria pembelajaran kategori ini meliputi kemampuan guru jumlah siswa dalam kategori diakui sekolah dan kecukupan sarana prasarana sekolah.

Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal

Berikut ini adalah contoh Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Fikih Kelas 7 Semester 1 & 2 berdasarkan model-model yang disebutkan pada pembahasan sebelumnya. Berikut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Fikih Kelas 7 di bawah ini.

FORMAT PENENTUANKRITERIA KETUNTASAN 

Mata Pelajaran Fikih

MTS NEGERI …………………..

KOMPETENSI INTI

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan    kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
DOWNLOAD KKM FIKIH MTs KELAS 7 SEMESTER 1 & 2

Untuk membantu guru dalam menentukan kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran Fikih kelas 7 smester 1 & 2, admin akan membagikan kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran SKI kelas 7 semester 1 & 2 dengan cara klik link di bawah kemudian ke menu file di google drive dan klik menu download.

DOWNLOAD  KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) FIKIH KELAS 7 SEMESTER 1 & 2

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) FIKIH KELAS 7 SEMESTER 1

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) FIKIH KELAS 7 SEMESTER 2

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar