Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 1 & 2

Pentingnya belajar Al-Qur‟an-Hadits di Madrasah adalah agar murid mampu membaca, menulis, menghafal, mengartikan, memahami, dan mengamalkannya

DOWNLOAD RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 1 & 2

RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 1 & 2

Sistem Madrasah - RPP Al Qur'an Hadits MTs Kelas 8 Semester 1 & 2 - Rasululloh SAW bersabda : 

عن عثمانَ بن عفانَ رضيَ اللَّه عنهُ قال : قالَ رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « خَيركُم مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعلَّمهُ » رواه البخاري

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi);

Berdasarkan hadis di atas salah satu kekeliruan makna hadis di atas adalah membatasi orang yang pantas disebut murid Al-Quran dan guru Al-Quran hanya pada mereka yang mengkaji dan mempelajari huruf-huruf dan lafal Al-Quran. Alquran . Pelajari tentang Quran Tajwid dan Qiroah. Tapi kita masih banyak belajar juga dari Al-Quran: penafsiran Al-Quran dengan memahami makna Al-Quran dan menafsirkan isi hukum etika dan hukum syariah dalam bentuk aqidah shihihah.

Syaikhul Utsaimin rahimahullah mengemukakan tiga hal yang menjadi tujuan diturunkannya Al-Quran namun ketiganya sama pentingnya dengan tujuan Al-Quran. Yaitu : 

  1. Beribadah kepada Allah dengan membacanya, tentunya membacanya dengan tajwid dan ilmu Qiro`ah,
  2. Memahami makna atau tafsirnya,
  3. Mengamalkannya.

Hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Quran dan sangat penting untuk dikaji karena merupakan amalan dan keridhaan Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga muncul nama atau sinonim lain dari hadis serta bagian dan bagian pemikirannya. 

Dasar pentingnya mempelajari dan mengajarkan atau menyebarkan hadis. Hadits yang terjadi. Berusahalah untuk mempelajari dan mempelajari hadis Nabi SAW. Agar sesuai dengan Al-Quran maka harus dikembangkan dalam lingkungan pendidikan sebagai sumber ajaran Islam bagi seluruh lapisan masyarakat.

Pentingnya pembelajaran Al-Quran-Hadits di madrasah adalah agar peserta didik dapat membaca menulis memahami dan mengaplikasikan isi Al-Quran-Hadits secara efisien dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi orang yang beriman. Didedikasikan kepada Allah..Allah SWT. Maka hal pertama yang harus dipersiapkan oleh guru cerdas sebelum melanjutkan proses belajar mengajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

RPP disusun secara program sebagai pedoman kegiatan pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan. Guru yang cerdas hendaknya menyusun rencana pembelajaran ini secara detail dan sistematis.

Pendidikan agama Islam merupakan bagian dari kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya pada tingkat kelas VIII. Salah satu komponen utama pelatihan ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Al Quran Hadis. RPP berperan penting dalam efektivitas pengajaran dan menyelaraskan bahan ajar dengan kebutuhan desain siswa.

RPP Al Quran Hadits MTs kelas 8 merupakan sarana yang sangat berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan agama islam. Dengan merancang RPP yang baik guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi siswanya. Dengan cara ini siswa dapat mengembangkan pemahaman yang kuat terhadap ajaran Al-Quran dan Hadits serta menciptakan landasan spiritual yang kuat bagi pertumbuhannya.

Pentingnya RPP Al Qur'an Hadits MTs Kelas 8

RPP Al-Quran dan Hadits untuk kelas 8 dirancang untuk membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap pembelajaran Al-Quran dan Hadits sesuai dengan tingkat perkembangan intelektualnya. Rencana pembelajaran memberikan kerangka bagi guru untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 8 dan menggabungkan metode pengajaran yang interaktif dan relevan.

Komponen-Komponen Utama RPP

1. Tujuan Pembelajaran yang Jelas

Rencana pembelajaran Al-Quran Hadits hendaknya mempunyai tujuan pembelajaran tertentu yang terukur dan dapat dicapai. Misalnya tujuan pembelajaran dapat diibaratkan dengan memahami ayat-ayat tertentu dalam Al-Qur’an atau memahami konsep-konsep penting dari hadis.

2. Strategi Pembelajaran yang Kreatif

Guru hendaknya memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 8. Penggunaan media permainan interaktif dan diskusi kelompok dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Hadits Al-Quran.

3. Penilaian yang Berkelanjutan

Rencana pembelajaran harus mencakup serangkaian strategi penilaian untuk mengukur pemahaman siswa sepanjang kursus. Ini mungkin termasuk ujian tertulis proyek kelompok dan presentasi.

4. Integrasi Teknologi

Pemanfaatan teknologi untuk mempelajari Al-Quran Hadis dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Rencana pembelajaran dapat mencakup penggunaan video pendidikan untuk aplikasi pembelajaran atau sumber daya online lainnya.

Implementasi RPP Al Qur'an Hadits dalam Pembelajaran

Dalam pelaksanaan RPP hendaknya perhatian diberikan pada keberagaman gaya belajar siswa. Guru dapat menggunakan pendekatan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan masing-masing siswa sambil memastikan bahwa setiap siswa menguasai sepenuhnya konten. 

Melalui pendekatan ini diharapkan peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang Al-Qur’an dan Hadits tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai etika dan moral yang terkandung dalam ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sekarang admin akan membagikan RPP Al qur'an Hadits supaya bisa membantu guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran di sekolah. Berikut  admin bagikan RPP Al qur'an Hadits MTs Kelas 8 Semester 1 & 2 di bawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah         : MTs
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran
 Tema : Ku Gapai Rezeki-Mu dengan Ikhtiar
 Alokasi Waktu : 8 x 40 Menit (4 pertemuan)

A. Kompotensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan    kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 1 & 2
C. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan  model Discovery Learning dan model pembelajaran eksploratif dengan pendekatan saintifik yang memungkinkan siswa mengamati permasalahan dan menuliskan solusi serta kesimpulannya di depan kelas pada saat dan setelah tindak lanjut ini. Siswa diharapkan :

  • Meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah.
  • Menunjukan sikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan pengertian rezeki
  • Menjelaskan macam-macam  rezeki
  • Mengidentifikasi hubungan antara rezeki  dengan ikhtiyar
  • Menjelaskan isi kandungan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)  tentang ketentuan rezeki dari Allah.
  • Membaca Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94) 
  • Menerjemahkan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
  • Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al- al-Insyirah (94.

dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

Fokus nilai-nilai sikap
  • Peduli
  • Jujur berkarya
  • Tanggung jawab
  • Toleran
  • Kerjasama
  • Proaktif
  • kreatif
D. MateriPembelajaran
    1. Materi Pelajaran Reguler
        a. Fakta
  • Kata rezeki berarti penghidupan tiap-tiap yang bermanfaat, segala yang berdaya guna bagi makhluk
        b. Konsep
  • Setiap rezeki telah ditentukan Allah
  • Kandungan Q.S. Quraisy dan Q.S. al-Insyirah
        c. Prinsip
  • Untuk mendapatkan rezeki tentunya tidak mudah harus ada proses pengupayaan yaitu melalui usaha dan kerja
        d. Prosedur
  • Berhati-hati dalam mencari harta dan harus selektif dengan cara memperolehnya sehingga harta yang di miliki bener-benar halal.
    2. Materi pembelajaran remedial
  • Menjelaskan Q.S. an-Nahl : 112-113
    3. Materi pembelajaran pengayaan
  • Kandungan Q.S. Quraisy dan Q.S. al-Insyrah
E. Metode Pembelajaran
  • Pendekatan :  Scientific Learning
  • Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F. Media Pembelajaran
  • Media LCD projector, 
  • Laptop, 
  • Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
  • Al Quran dan terjemah
  • Buku Guru Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist kelas VIII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Buku Siswa Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist  kelas VIII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Buku teks pelajaran yang relevan
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 1 & 2

Untuk RPP yang Lebih lengkapnya, bapk/ibu guru bisa mengakses RPP Al qur'an Hadits MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 dan bisa di unduh pada link download dibawah ini dengan cara klik Download - Menu File - Menu Download.

DOWNLOAD RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 1 & 2

1. RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 1 

2. RPP AL QUR'AN HADITS MTs KELAS 8 SEMESTER 2

Administrasi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar